Kategori
gusfik.com

Harga BBM Resmi Naik, Ini Daftarnya | Katadata Indonesia

Harga BBM Resmi Naik, Ini Daftarnya | Katadata Indonesia

Pemerintah resmi menaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hari ini, 3 September 2022 sejak pukul 14.30 WIB. Pengumuman ini dilakukan di Istana Negara yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, juga para menteri yang turut serta.

Harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10 ribu per liter. Sedangkan harga Solar naik dari dari Rp 5.150 menjadi Rp 6.800 per liter. Diikuti harga Pertamax juga dikerek menjadi Rp 14.500 dari sebelumnya Rp 12.500.

Kenaikan ini dilakukan untuk menyelamatkan APBN dari gejolak harga minyak dunia yang fluktuatif. Pemerintah juga ingin memberikan subsidi BBM agar lebih tepat sasaran kepada rakyat kecil yang diberikan melalui tiga skema bantuan sosial.

Bantuan sosial itu berupa bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 12,4 triliun yang diberikan kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Kemudian, subsidi bantuan upah kepada 16 juta pekerja dengan anggaran Rp 9,6 triliun. Selain itu, pemberian subsidi melalui pemerintah daerah (Pemda) kepada masyarakat untuk biaya transportasi angkutan umum, ojek sebesar 2% dari dana transfer umum (DTU) dengan total Rp 2,17 triliun.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadatacoid

======================================================


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: