Kategori
gusfik.com

AS Perluas Pembatasan Ekspor Semikonduktor ke Cina, Perang Cip Makin Panas? | Katadata Indonesia

AS Perluas Pembatasan Ekspor Semikonduktor ke Cina, Perang Cip Makin Panas? | Katadata Indonesia

Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan memperluas pembatasan pengiriman semikonduktor dari negaranya ke Cina pada bulan depan. Semikonduktor ini menjadi material utama pembuatan teknologi kecerdasan buatan dan cip.

Departemen Perdagangan AS akan menerbitkan aturan baru terkait perluasan pembatasan itu. Melansir Reuters, Senin (12/9), pemerintah sudah berkomunikasi dengan tiga perusahaan semikonduktor, yaitu KLA Corp, Lam Research Corp, dan Applied Materials Inc.

Perusahaan AS lainnya yang memproduksi teknologi serupa juga akan terkena dampaknya. Peraturan tersebut berpotensi berlaku untuk perusahaan yang mencoba menantang dominasi Nvidia dan AMD dalam memproduksi cip kecerdasan buatan.

Aturan itu juga dapat memberlakukan persyaratan lisensi pada pengiriman produk yang mengandung cip ke Cina. Dell Technologies, Hewlett Packard Enterprise, dan Super Micro Computer membuat server pusat data yang berisi cip A100 Nvidia.

Semua tindakan pembatasan ini Presiden Biden lakukan untuk menggagalkan kemajuan Tiongkok dalam mengembangkan teknologi cipnya. AS masih ingin mempertahankan posisinya sebagai negara dengan teknologi nomor satu dunia.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadatacoid

======================================================


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: