Kategori
gusfik.com

Miliarder India Ini Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya ke-4 Dunia | Katadata Indonesia

Miliarder India Ini Geser Bill Gates Jadi Orang Terkaya ke-4 Dunia | Katadata Indonesia

Bill Gates tak lagi menjadi orang terkaya nomor empat dunia. Posisinya digeser oleh miliarder asal India, Gautam Adani. Melansir Forbes, Jumat (15/7), Adani adalah taipan infrastruktur pemilik enam perusahaan publik di bidang listrik, energi hijau, gas, pelabuhan, dan lainnya.

Kekayaan Adani telah naik dua kali lipat sejak awal 2021. Angkanya kini sekitar US$ 112,9 miliar atau sekitar Rp 1,7 kuadriliun. Ia menyalip miliarder asal India Mukesh Ambani sebagai orang terkaya di Asia pada Februari lalu.

Adani sama seperti Gates. Ia putus sekolah saat mengenyam bangku kuliah. Adani lalu mencoba berbisnis. Awalnya ia mendirikan perusahaan ekspor komoditas pada 1988. Lama-kelamaan usahanya terus berhasil menjadi Adani Group.

Pada 2008, nama Adani muncul dalam daftar miliarder dunia versi Forbes. Kekayaannya ketika itu mencapai US$ 9,3 miliar. Juni lalu, ia dan keluarganya berjanji menyumbang US$ 7,7 miliar untuk berbagai kegiatan sosial dan menandai ulang tahunnya yang ke-60.

Posisi Gates tergeser karena ia memutuskan menyumbang US$ 20 miliar kekayaannya untuk Yayasan Bill & Melinda Gates pada bulan ini. Posisinya jatuh satu peringkat ke nomor lima orang terkaya di dunia. Total hartanya mencapai US$ 102 miliar pada Kamis lalu.

Gates menambah sumbangannya karena dunia kini sedang dalam kondisi suram. Tak hanya akibat pandemi Covid-19, tapi juga penurunan ekonomi dan perang Rusia vs Ukraina. Periode ini ia sebut cukup rendah.

Sejak pertengahan 1990-an, salah satu pendiri Microsoft ini terus berada di 10 besar orang terkaya sejagat. Gates pertama kali menempati peringkat pertama pada 1995 dengan kekayaan US$ 12,5 miliar. Ia bertahan di tempat itu hingga 2008.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: