Kategori
gusfik.com

Kisah Changpeng Zao, Jadi Miliarder Karena Mata Uang Kripto | Katadata Indonesia

Kisah Changpeng Zao, Jadi Miliarder Karena Mata Uang Kripto | Katadata Indonesia

Namanya Changpeng Zhao alias CZ. Pria berdarah Tiongkok warga negara Kanada ini menjadi orang terkaya ke-19 dunia versi Forbes pada 2022.

Pundi-pundi kekayaannya ia raih dari transaksi mata uang kripto atau cryptocurrency. Zhao merupakan pendiri Binance, bursa mata uang kripto terbesar dunia.

Pada 2021, transaksi perdagangan Binance mencapai lebih dari US$ 9,5 triliun. Angka ini lebih dari dua pertiga dari semua volume perdagangan kripto dunia.

Per 28 Juni 2022, Forbes mencatat kekayaan Zhao mencapai US$ 17,4 miliar atau sekitar Rp 258,174 triliun. Nilainya anjlok dari perhitungan awal April lalu yang mencapai US$ 65 miliar.

Bisnisnya kini sedang sulit karena kejatuhan mata uang kripto sejak awal 2022. Selain itu, Binance juga menghadapi pengawasan ketat aturan di Hong Kong, Jepang, AS, dan Inggris pada tahun lalu.

Lahir di pesisi Jiangsu, utara Shanghai, Zhao mengikuti ayahnya, seorang akademisi, ke Kanada. Ketika itu usianya 12 tahun. Setelah lulus dari Universitas McGill di Montreal dengan gelar ilmu komputer, ia bekerja di sistem pemrograman Bursa Saham Tokyo dan Bloomberg.

Zhao kemudian pindah ke kota kelahirannya pada 2005. Ia lalu mendirikan platform untuk perdagangan dengan frekuensi tinggi. Beberapa tahun kemudian ia terlibat percakapan tentang bitcoin saat bermain poker pada 2013. Empat tahun kemudian Zhao mendirikan Binance.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: