Kategori
gusfik.com

Dua Poin yang Bikn Alot Pertemuan Jalur Keuangan G20, Apa Saja? | Katadata Indonesia

Dua Poin yang Bikn Alot Pertemuan Jalur Keuangan G20, Apa Saja? | Katadata Indonesia

Pertemuan ketiga Jalur Keuangan G20 Presidensi Indonesia tidak menghasilkan komunike alias gagal mencapai kesepakatan penuh atas topik-topik yang dibahas. Ada dua hal yang memicu perbedaan pendapat terhadap isu global yang dipicu oleh perang Rusia-Ukraina.

Pada poin pertama terkait ekonomi global, banyak anggota sepakat bahwa pemulihan ekonomi global telah melambat dan menghadapi kemunduran pesat akibat perang Rusia terhadap Ukraina. Bahkan, mereka menyerukan untuk diakhirinya serangan Rusia terhadap Ukraina.

Lebih jauh, beberapa negara juga menyatakan pandangan bahwa sanksi tersebut (sanksi ke Rusia) menambah tantangan yang ada. Namun, isu ini tidak dapat dibahas dengan lancar karena ada negara yang mendukung Rusia memiliki pandangan berbeda.

Poin kedua terkait krisis pangan dan energi yang telah mengkhawatirkan. Tekanan ini dirasakan secara tidak proporsional terutama oleh kelompok rentan. Anggota G20 menegaskan komitmennya untuk menggunakan semua kebijakan yang tersedia, mengambil tindakan kolektif yang cepat mengenai ketahanan pangan, termasuk melalui kerja sama dengan inisiatif lain.

Usulan ini berbeda dengan pandangan Menteri Keuangan AS Janet Yellen saat hadir dalam acara yang sama. Yellen menyebut perlu memperkuat komitmen dukungan dari institusi yang sudah ada untuk menangani masalah krisis pangan tersebut, salah satunya forum Aliansi Global untuk Ketahanan Pangan (GAFS) di bawah inisiatif negara anggota G7.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: