Kategori
gusfik.com

Alasan Eropa Kembali Impor Minyak Dari Rusia | Katadata Indonesia

Alasan Eropa Kembali Impor Minyak Dari Rusia | Katadata Indonesia

Demi menghindari potensi kelangkaan dan krisis energi global, Uni Eropa (UE) melonggarkan embargonya terhadap Rusia. Eropa akan kembali mengimpor minyak dari Rusia namun dengan persyaratan ketat, yakni impor hanya bisa dilakukan melalui negara perantara alias pihak ketiga yang disetujui oleh UE.

UE juga mengizinkan perusahaan migas mereka untuk membeli minyak mentah via lintas laut Rusia untuk kebutuhan pangsa ekspor ke negara ketiga.

"Dengan maksud untuk menghindari potensi dampak negatif bagi ketahanan pangan dan energi di seluruh dunia, UE memutuskan untuk memperpanjang pengecualian dari larangan transaksi dengan entitas negara tertentu," dalam rilis UE awal pekan ini.

Melunaknya Eropa membuat harga minyak mentah dunia turun kemarin. Per hari ini, Rabu (27/7), pukul 9.40 WIB, minyak mentah Brent naik 0,03% menjadi US$ US$ 104,43 per barel. Minyak mentah West Texas Intermediate alias WTI juga naik 0,29% ke harga US$ 95,26 per barel.

Selain minyak, UE juga melonggarkan larangan impor produk pertanian dan kesehatan dari Rusia bagi negara-negara pihak ketiga.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: