Kategori
gusfik.com

Jelang Iduladha, Penyakit Mulut dan Kuku Ancam Peternak | Katadata Indonesia

Jelang Iduladha, Penyakit Mulut dan Kuku Ancam Peternak | Katadata Indonesia

Jelang Iduladha, para peternak terancam wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan sebagainya. Menurut data Kementerian Pertanian per 2 Juni 2022, wabah ini terdeteksi tengah meluas di 127 kabupaten dan kota di 18 provinsi.

Penyakit ini perlu diwaspadai oleh para peternak karena berkembang sangat cepat. Umumnya gejala klinis yang tampak adalah terlihat lesi lepuhan pada kelenjar lendir seperti mulut, gusi, bagian dalam pipi, lidah dan hidung. Sementara pada kuku, lesi lepuhan terlihat di tumit, celak kuku dan sepanjang garis kuku (coroonary band). Pada kasus yang parah, hewan ternak mengalami demam, nafsu makan berkurang, penurunan produksi susu, dan kematian mendadak.

Kementerian Pertanian (Kementan) berencana mendatangkan vaksin untuk PMK dari Perancis sebanyak 3 juta dosis. Di samping itu, Kementan menargetkan pasokan vaksin PMK di dalam negeri akan dilakukan secepatnya pada 2-3 bulan mendatang.

Pulau Jawa Timur dan Jawa Tengah menjadi provinsi yang mengalami wabah PMK terbesar dengan total infeksi 1,9 juta hewan ternak. Berikut cermati tanda-tanda gejala klinis PMK pada hewan ternak.

======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataInd…
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadata


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: