Kategori
gusfik.com

“TUMBUHKAN OPTIMISME LEWAT EKONOMI KREATIF”

“TUMBUHKAN OPTIMISME LEWAT EKONOMI KREATIF”

Momentum Kebangkitan Nasional sudah di depan mata.
Tahun 2021 diprediksi akan menjadi momen keberhasilan upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada semua lini, termasuk sektor ekonomi kreatif, pariwisata, dan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia.

Pasca terpuruk akibat pandemi COVID-19, ekonomi kreatif di Indonesia terus berjuang menjadi garda terdepan mengambil bagian dalam momentum Kebangkitan Nasional. Upaya ini dilakukan dengan mengadakan sejumlah program unggulan guna mempercepat pemulihan sektor ekonomi kreatif.

Tantangan terbesar saat pandemi datang adalah berubahnya sistem penjualan pada industri kreatif global. Jika sebelumnya masyarakat lebih banyak membeli perlengkapan secara luar jaringan (luring), saat pandemi cara tersebut tak lagi digunakan.

Sejauh ini telah banyak program yang dilakukan oleh Kemenparekraf/Baparekraf untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, dan sumber daya manusia dalam sektor ekonomi kreatif. Salah satunya adalah meluncurkan program #BeliKreatifLokal.
Program yang dijalankan sejak April 2020 ini telah berhasil menyerap 6.738 tenaga kerja, serta berhasil membangun kolaborasi dengan 6 e-commerce, dan 2 jasa transportasi daring.

Selain upaya pendampingan langsung, Kemenparekraf/Baparekraf juga memberikan bantuan berupa alokasi hibah sesuai dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Pemerintah juga terus berupaya memulihkan perekonomian dan sektor UKM, melalui berbagai program Pemulihan Ekonomi Nasional.
Antara lain melalui pemberian bantuan modal kerja, subsidi kredit UMKM, hingga relaksasi bunga kredit perbankan, demi mempertahankan sektor UKM di tengah terpaan pandemi COVID-19.

Untuk memberikan penjelasan terkait tema “Optimisme Indonesia Tumbuh Melalui Ekonomi Kreatif”, hadir beberapa narasumber yang berkompeten dalam Dialog Produktif Kabar Kamis, 18 November 2021, antara lain: Muhammad Neil El Himam – Deputi Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf, Fiki Satari – Staf Khusus Menteri Koperasi dan UKM Bid. Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Terry Djony – CEO Chatbiz, Muhammad Neil El Himam – Deputi Ekonomi Digital & Produk Kreatif Kemenparekraf, serta Hery Kurniawan – Bendahara Umum Perhumas.

#OptimismeEkonomiKreatif


Go to Source
Author: CNN Indonesia