Kategori
gusfik.com

KEJAR VAKSINASI LANSIA DEMI INDONESIA YANG LEBIH SEHAT

KEJAR VAKSINASI LANSIA DEMI INDONESIA YANG LEBIH SEHAT

Sebanyak 705.300 dosis vaksin AstraZeneca telah tiba di Indonesia pada hari Jumat, 1 September 2021. Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Usman Kansong mengungkapkan, dengan kedatangan vaksin tahap 82 tersebut menunjukkan bahwa stok vaksin yang ada di Indonesia tergolong aman. Terhitung total jumlah vaksin yang berada di Indonesia dalam bentuk bahan baku (Bulk), dan bahan jadi mencapai 275.559.850 dosis. Dengan jumlah tersebut, pemerintah mengejar target vaksinasi 70% masyarakat pada akhir tahun 2021. Selain itu, penambahan ketersediaan vaksin COVID-19 merupakan upaya dalam mempercepat cakupan vaksinasi nasional, khususnya kepada kaum lansia sebagai kelompok masyarakat yang rentan. Sejalan dengan peringatan Hari Lansia Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober, pemerintah terus berupaya menggencarkan vaksinasi lansia dengan memanfaatkan ketersediaan stok vaksin COVID-19 di tanah Air.
Menurut Usman Kansong, Hari Lansia Internasional menjadi momentum untuk memperhatikan para anggota keluarga, dan masyarakat yang sudah lanjut usia. Percepatan vaksinasi kepada mereka menjadi langkah perlindungan kesehatan mereka, agar terhindar dari gejala berat, dan dampak buruk lainnya dari penyakit COVID-19. Masyarakat pun diimbau untuk mendukung vaksinasi lansia, dengan membantu para lansia mengakses lokasi vaksinasi, mengawal sesehatan mereka, dan menjaga pada lansia dari informasi menyesatkan terkait vaksinasi.. Menurut data pemerintah Per 30 September, baru sekitar 30% warga lansia mendapatkan suntikan vaksin dosis pertama, dan sekitar 20% telah mendapatkan suntikan vaksin lengkap.
“Dengan dukungan dan kerja sama seluruh lapisan masyarakat, kita berharap, target vaksinasi lansia sebanyak 21.553.218 orang ini akan segera terlengkapi suntikan vaksinnya,” ujar Usman.
Meski Indonesia termasuk 10 besar negara dengan jumlah vaksinasi tertinggi di dunia, program vaksinasi tidak boleh dikendorkan. Pemerintah mengajak seluruh masyarakat segera divaksinasi, tidak perlu pilih-pilih vaksin, karena semua vaksin aman dan berkhasiat. Selain itu, pemerintah juga terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, karena vaksinasi bukan satu-satunya tameng untuk melindungi dari COVID-19.
Dalam Dialog Produktif Kamis Sore 07 Oktober 2021 pukul 16.30 WIB di Media Center KPC-PEN, Kita akan mendengarkan penjelasan dari dr. Siti Nadia Tarmizi – Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr. Dirga Sakti Rambe – Dokter Spesialis Penyakit Dalam / Vaksinolog, Ansar Ahmad – Gubernur Kepulauan Riau, serta Slamet Rahardjo – Aktor Senior / Penerima Vaksin, mengenai upaya target vaksinasi untuk lansia.

#VaksinasiLansia


Go to Source
Author: CNN Indonesia