Kategori
gusfik.com

Demokrasi dan Toleransi di Media Sosial

Demokrasi dan Toleransi di Media Sosial

Media sosial yang semula hanya berfungsi sebagai alat eksistensi diri, kini dapat mempengaruhi berbagai sendi kehidupan, termasuk iklim politik suatu negara. Dengan adanya media sosial ini masyarakat semakin apresiatif dan aktif terkait isu-isu aktual yang terjadi, tentu hal ini bisa meningkatkan partisipasi masyarakat terkait dengan isu-isu publik. Media sosial menjadi bagian penting sebagai sarana meningkatkan demokrasi.

Media sosial membuka banyak hal, mulai dari informasi, pertemanan sampai peluang usaha. Berpendapat di media sosial merupakan hak setiap orang dan merupakan ciri demokrasi. Semua orang, baik dari kalangan intelek, tidak berpendidikan, tua, muda, lelaki, perempuan, kaya atau miskin, punya hak dan kebebasan berpendapat yang sama. Namun kebebasan berpendapat di media sosial ini bisa memicu konflik dan masalah jika kita tak bijak, tak paham norma dan etika, saat memakainya. Alih-alih mendapatkan manfaat, jika kita tak paham risiko dari bermedia sosial, malah bisa kena masalah hukum.

Bagaimana peran media sosial dalam proses demokrasi dan toleransi? Simak diskusi lengkapnya di webinar “Demokrasi dan Toleransi di Media Sosial”, pada:

Sabtu, 18 September 2021
12:30 – 14:00 WIB

Narasumber:
1. Ajie Najmuddin – Pegiat Literasi
2. Taufan Hunneman – Sekjen Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika
3. Dr. Iva Ariani,S.S.,M.Hum. – Pengajar Filsafat UGM

Moderator:
Jihan Novita

Dalam acara ini juga setiap peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai pertanda telah mengikuti acara Katadata Literasi Digital Talk’s dan juga di setiap sesi akhir acara, terdapat kuis untuk menggali potensi kecakapan digital dari setiap peserta, bagi peserta beruntung akan mendapatkan hadiah menarik di setiap sesi nya.

Indonesia #MakinCakapDigital
======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadatacoid

======================================================


Go to Source
Author: Katadata Indonesia

error: Konten dilindungi hak cipta.
%d blogger menyukai ini: