Kategori
gusfik.com

Bantu Sesama Lewat Media Sosial

Bantu Sesama Lewat Media Sosial

Hanya dua hari setelah tsunami 2004 meluluh lantahkan Aceh, relawan dari airputih berhasil memulihkan komunikasi dan menyediakan koneksi internet yang terputus akibat bencana tsunami. Tanpa kedua aspek tersebut yaitu komunikasi dan jaringan koneksi internet, kerja bantuan kemanusiaan dalam menolong korban tidak dapat dilakukan secara cepat dan maksimal.

Kisah serupa terjadi ketika gunung merapi meletus di Yogyakarta pada bulan Oktober 2010 dan merenggut nyawa ratusan orang dan memaksa puluhan ribu penduduk mengungsi, relawan Jalinmerapi memanfaatkan internet dan media sosial untuk memobilisasi relawan dan mendistribusikan bantuan yang ada.

Untuk kasus negara lain yang memanfaatkan penggunaan internet untuk melakukan pergerakan adalah Negara Mesir. Sebuah gerakan yang akan dicatat oleh sejarah sebagai sebuah gerakan massa pertama yang difasilitasi oleh jejaring sosial twitter dan facebook.

Bagaimana cara kita menggunakan media sosial namun bisa membantu sesama? Simak diskusi lengkapnya di webinar “Bantu Sesama Lewat Media Sosial”, pada:

Sabtu, 25 September 2021
12:30 – 14:00 WIB

Narasumber:
1. Ainun Chomsun (Founder Akademi Berbagi)
2. Arlina F. Saliman (Direktur Institut Fundraising Indonesia)
3. Agus Yahya Sukmana (Penggagas @wartegyatim & Owner Sate Taichan Bengawan)

Moderator:
Rizky Harisnanda

Dalam acara ini juga setiap peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai pertanda telah mengikuti acara Katadata Literasi Digital Talk’s dan juga di setiap sesi akhir acara, terdapat kuis untuk menggali potensi kecakapan digital dari setiap peserta, bagi peserta beruntung akan mendapatkan hadiah menarik di setiap sesi nya.

Indonesia #MakinCakapDigital
======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadatacoid

======================================================


Go to Source
Author: Katadata Indonesia