Kategori
gusfik.com

Tarif Tes PCR, Sana-sini Beda

Tarif Tes PCR, Sana-sini Beda

Live streaming 24 jam: https://www.cnnindonesia.com/tv

Masyarakat mengeluhkan tarif tes usap yang dianggap terlalu mahal. Bahkan, tarif tes swab di rumah sakit pun berbeda-beda. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menetapkan batas atas tarif tes usap mandiri yaitu senilai Rp 900.000. Apa yang membuat tarif tes usap mahal dan bagaimana perbandingan harga tes usap di indonesia dengan negara lain?

Dibanding tes antigen atau rapid test, tarif tes swab jauh lebih mahal. Hal itu terjadi karena metode ini membutuhkan biaya lebih banyak, lantaran menggunakan mesin khusus dan alat kit pendukung. Harga kit pun mahal, karena dirakit di luar negeri.

Selain itu, biaya pengadaan mesin untuk memproses sampel tes swab, mahal. Belum lagi, kapasitas laboratorium yang terbatas. Karena itu, tarif tes dengan hasil 1 kali 24 jam itu, lebih mahal dibanding tes yang membutuhkan waktu 3 atau 5 hari. Tambahkan juga biaya jasa dokter dan analis, serta tenaga ahli yang bekerja di laboratorium.

Ikuti berita terbaru di tahun 2020 dengan kemasan internasional berbahasa Indonesia, dan jangan ketinggalan breaking news dengan berita terakhir dan live report CNN Indonesia di https://www.cnnindonesia.com/tv dan channel CNN Indonesia di Transvision.

CNN Indonesia tergabung dalam grup Transmedia. Dalam Transmedia, tergabung juga Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia.com dan CNBC Indonesia.

Follow & Mention Twitter kami:
@myTranstweet
@cnniddaily
@cnnidconnected
@cnnidinsight
@cnnindonesia

Like & Follow Facebook:
CNN Indonesia

Follow IG:
cnnindonesiatv


Go to Source
Author: CNN Indonesia