Kategori
gusfik.com

Penting, Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Melek Hukum

Baru-baru ini di Indonesia terjadi polemik soal hukum yang cukup menghebohkan. Masyarakat Indonesia seolah disadarkan bahwa hukum adalah hal yang cukup krusial dalam kehidupan masyarakat. Banyak orang kini akhirnya sadar bahwa bahkan bagi masyarakat biasa sekalipun, melek hukum adalah hal yang perlu.

Melek hukum bukan istilah yang berarti kita harus menjadi ahli hukum dan hafal setiap pasal dalam undang-undang yang berlaku. Melek hukum lebih memaksudkan bahwa kita gak boleh buta terhadap peraturan yang ada di sekitar kita, terutama yang berhubungan langsung dengan kita sendiri atau orang-orang yang kita sayang.

Tapi apakah memiliki cukup pengetahuan soal hukum itu memang benar-benar penting? Ya. Gak percaya? Ini dia lima alasan mengapa kita semua perlu melek hukum.

  1. Kamu bisa tahu kewajibanmu

Tahu soal hukum gak hanya bisa membuat kita sadar tentang apa yang gak boleh dilakukan, tapi juga apa yang harus dilakukan. Sebagai warga negara, tentu kamu punya sejumlah kewaijban. Jika kamu tidak melakukan kewajiban itu, maka kamu telah melanggar hukum.

Misalnya, kamu tentu tahu bahwa salah satu kewajiban warga negara adalah membayar pajak. Tapi apakah kamu tahu kriteria warga negara wajib pajak? Jika kamu termasuk warga negara wajib pajak, apakah kamu sudah tahu bagaimana cara membayar pajak? Berapa besarnya dan kapan itu harus dibayarkan? Dan apa sanksinya kalau kamu gak membayar?

Semua itu penting kamu ketahui bukan saja untuk menghindari sanksi, tapi untuk melancarkan pembangunan karena uang pajak kita digunakan untuk itu. Maka pastikan kamu melek hukum soal kewajibanmu sebagai warga negara.

  1. Kamu bisa tahu apa arti dari suatu peraturan hukum

Terkadang, sebuah pelanggaran hukum terjadi bukan karena seseorang gak tahu soal hukum, tapi gak mengerti arti sebenarnya dari sebuah peraturan. Memang, bahasa yang digunakan dalam undang-undang terkadang agak rumit untuk dipahami. Maka, kamu harus melek hukum dengan cara mempelajari arti sebuah peraturan yang sebenarnya.

Misanya, kamu pasti tahu soal UU ITE alias Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. Salah satu larangan dalam undang-undang tersebut adalah melakukan penghinaan atau pencemaran nama baik. Tapi apakah kamu tahu betul apa yang termasuk dan tidak termasuk penghinaan dan pencemaran nama baik dalam undang-undang tersebut?

Jangan sampai karena ketidaktahuanmu, kamu dianggap telah melanggar UU ITE, padahal kamu hanya bermaksud untuk bercanda. Begitu pula dengan undang-undang lain. Maka cobalah pelajari lebih lanjut soal undang-undang yang kamu tahu supaya jangan sampai kamu melanggarnya tanpa sengaja.

  1. Bisa terhindar dari penipuan

Kerugian lain dari gak melek hukum adalah kamu bisa mudah ditipu. Misalnya, seorang oknum penegak hukum bisa saja memanfaatkan ketidaktahuanmu untuk memerasmu. Dia mungkin menyebut kamu telah melanggar suatu peraturan, padahal itu gak ada di undang-undang. Kamu pun diminta membayar sejumlah uang supaya hal itu gak jadi perkara.

Kalau kamu gak tahu apa-apa soal hukum, kamu bisa tertipu dan kehilangan uang. Padahal kamu sama sekali gak melanggar apapun. Maka supaya itu gak terjadi, penting banget kan untuk melek hukum?

  1. Saat ada pelanggaran hukum, kamu bisa melapor

Saat kamu melihat seseorang melakukan pelanggaran hukum, kamu tentu merasa ingin melaporkan hal itu kepada pihak berwajib. Apalagi kalau pelanggaran hukum itu merugikan dirimu atau orang yang kamu sayang. Tapi untuk bisa melakukannya, kamu perlu tahu beberapa hal terlebih dulu.

Pertama, kamu perlu tahu apakah tindakannya itu memang termasuk pelanggaran hukum atau bukan. Kedua, kamu tentu harus tahu kemana harus melapor. Dan ketiga, kamu juga perlu tahu bukti apa saja yang kamu butuhkan supaya laporanmu bisa cepat diproses. Nah, semua itu gak akan kamu ketahui kalau kamu gak melek hukum bukan?

  1. Kalau kamu yang terjerat masalah hukum, kamu bisa tahu apa hakmu

Di sisi lain, bisa jadi kamu yang dilaporkan oleh seseorang karena diduga telah melakukan pelanggaran hukum. Terlepas dari apakah kamu memang salah atau tidak, dalam situasi demikian kamu juga perlu melek hukum.

Seseorang yang dipanggil oleh pihak berwajib sebagai saksi memiliki sejumlah hak dan kewajiban tertentu. Kamu perlu tahu apa saja hak dan kewajiban itu. Jangan sampai kamu dilarang melakukan hal yang sebenarnya adalah hakmu atau dipaksa melakukan sesuatu yang bukan kewajibanmu.

Pun begitu jika seandainya statusmu meningkat menjadi tersangka bahkan terdakwa, kamu masih tetap punya sejumlah hak. Jika kamu punya pengetahuan yang cukup soal hukum, kamu akan bisa memperoleh apa yang menjadi hakmu. Dengan demikian hukuman yang akan kamu terima pun adalah hukuman yang memang adil dan tidak berlebihan.

Itulah lima alasan mengapa penting bagi kita untuk melek hukum. Maka pastikan kamu memiliki pengetahuan yang cukup soal hukum. Jangan sampai ketidaktahuanmu membuatmu atau orang-orang yang kamu sayangi dirugikan.

INT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *