Kategori
gusfik.com

Inilah 5 Level Finansial, di Mana Posisi Anda?

Konsep level finansial ini dapat membantu Anda mengetahui di mana posisi finansial Anda. Dengan begitu, Anda mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan level finansial.

Ada 5 level finansial yang akan dibahas dalam artikel ini. Setia level memiliki ciri-ciri yang bisa Anda cermati. Setelah mengetahui ciri-ciri tersebut, Anda bisa menggolongkan diri di dalam level tertentu.

Lalu, apa saja level finansial tersebut? Bagaimana ciri-cirinya? Berikut ulasannya mulai dari yang paling bawah.

Financial Dependence
Kita semua mulai dari sini. Pada level ini, gaya hidup Anda bergantung pada orang lain untuk mendapatkan dukungan finansial. Anda berada di level ini jika mengandalkan dukungan finansial dari orang tua Anda. Ini berarti, Anda mungkin belum memiliki pekerjaan atau masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa.

Ciri level Financial Dependence lainnya adalah membelanjakan lebih banyak dari yang Anda dapatkan. Anda belum memiliki pengetahuan finansial yang cukup. Godaan untuk berbelanja atau menghabiskan uang lebih daripada gaji Anda masih sangat kuat.

Level ini juga berarti Anda masih memiliki utang kartu kredit, kredit KPR, atau utang lainnya yang lebih besar daripada seharusnya. Ingat, utang atau kredit itu tidak apa-apa asalkan Anda taat pada rasio maksimal. Jangan sampai cicilan Anda lebih besar daripada 30% dari penghasilan.

Financial Stability
Level selanjutnya adalah Financial Stability. Ini adalah level di mana Anda masih memiliki kredit. Namun, besarnya tidak lebih dari 30% dari penghasilan Anda. Ini adalah kondisi keuangan yang sehat.

Level ini juga ditandai dengan Anda sudah memiliki tabungan dana darurat sebesar 3 hingga 6 kali pengeluaran bulanan Anda. Jadi, misalnya pengeluaran setiap bulan Anda adalah 4 juta per bulan. Maka Anda memiliki dana darurat sebesar 12 juta hingga 24 juta.

Emergency fund atau dana darurat sangat penting untuk dimiliki. Dana ini bisa membantu Anda melalui masa-masa sulit dalam hidup Anda. Anda dapat membaca artikel 8 Alasan Memiliki Emergency Fund Sekarang Juga untuk mengetahui alasan lebih lanjut.

Selain memiliki dana darurat, ada ciri lain yang bisa menunjukkan bahwa Anda sudah berada di level financial stability. Anda telah sadar dan memiliki asuransi, baik asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

Financial Security
Setelah melalui level Financial Stability, Anda akan sampai pada level Financial Security. Ada beberapa ciri dari level ini. Berikut di antaranya.

Pada level Financial Security, Anda telah memiliki cash flow atau arus kas yang positif. Ini berarti pengeluaran Anda tidak lebih besar daripada pendapatan. Anda sudah bisa menyisihkan penghasilan Anda untuk ditabung atau diinvestasikan.

Selain itu, Anda mulai mencoba berinvestasi untuk meningkatkan kekayaan Anda. Investasi ini juga dilakukan untuk memenuhi kebutuhan Anda di masa yang akan datang. Selain berinvestasi jangka panjang, Anda juga mulai berpikir untuk berinvestasi jangka pendek.

Peer-to-peer lending adalah salah satu jenis investasi jangka pendek yang bisa anda coba. P2P Lending Modal Rakyat misalnya, mampu memberikan imbal hasil 15 hingga 25 persen per tahun. Imbal hasil ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan deposito atau tabungan di bank.

Financial Freedom
Level finansial selanjutnya adalah Financial Freedom. Banyak orang bercita-cita untuk bisa sampai di level ini. Financial freedom sering dikaitkan dengan masa pensiun. Ini karena saat pensiun karena orang-orang tidak lagi harus bekerja.

Financial Freedom adalah level di mana Anda memiliki kebebasan waktu. Anda memiliki kebebasan untuk bekerja atau tidak. Ini karena baik bekerja maupun tidak, pendapatan pasif Anda sudah cukup untuk kebutuhan bulanan Anda. Anda bisa bertahan hidup hanya dengan mengandalkan pendapatan pasif.

Financial Abundance
Financial Abundance adalah level finansial yang terakhir. Ini adalah level puncak setelah Financial Freedom. Dinamakan Financial Abundance karena uang yang Anda miliki sudah berlebih untuk memenuhi biaya hidup bulanan.

Karena hal ini, Anda bisa bebas memilih lifestyle yang Anda inginkan. Investasi dan pendapatan pensiun Anda tidak hanya bisa mendanai gaya hidup Anda tanpa batas tetapi juga memberi Anda kebebasan untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan.

Anda dapat membagikan kekayaan Anda dengan orang lain atau menikmati kemewahan. Ini adalah waktu untuk melakukan hal-hal yang selama ini Anda tahan untuk tidak dilakukan.

Itulah 5 level finansial yang ada. Setelah mengetahui ciri-ciri setiap level, apakah Anda sudah tahu di mana posisi Anda sekarang?

Setelah mengetahui level finansial Anda saat ini, cobalah untuk memahami apa yang harus Anda lakukan agar bisa menaikkan level Anda. Misalnya, jika sekarang Anda berada dalam level Financial Stability, cobalah untuk mulai berinvestasi karena Anda sudah memiliki tabungan dan dana darurat yang cukup.

Dengan mengetahui level finansial, Anda juga bisa lebih sadar untuk mengelola keuangan dengan lebih bijak. Anda tidak akan sembarangan memilih lifestyle yang tidak sesuai dengan kondisi finansial saat ini. Anda akan menunggu waktu yang tepat untuk menikmati kerja keras.

modalrakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *