Kategori
gusfik.com

Seminar Nasional: Inovasi Teknologi Kesehatan Mandiri

Seminar Nasional: Inovasi Teknologi Kesehatan Mandiri

Indonesia merupakan negara berkembang dengan banyak masalah dan tantangan dalam bidang kesehatan. Salah satunya kesenjangan dan ketidakmerataan fasilitas dan pelayanan kesehatan baik berupa fasilitas penunjang pelayanan kesehatan maupun kurangnya SDM yang tersebar diseluruh Indonesia.

Masalah ini bisa diatasi dengan memanfaatkan teknologi kesehatan mandiri seperti pelayanan kesehatan berbasis telemedicine. Telemedicine adalah teknologi yang memungkinkan pasien berkonsultasi dengan dokter secara privat, tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Di sejumlah negara, penggunaan teknologi telemdicine sudah dilakukan sejak lama. Namun di Indonesia, teknologi ini baru mulai umum digunakan dalam beberapa tahun terakhir. Contoh penggunaan telemedicine yang kini sedang marak di Indonesia adalah fitur chat langsung dengan dokter yang bisa dilakukan melalui aplikasi. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa dengan bebas berdiskusi langsung dengan dokter, kapan saja dan di mana saja mereka berada.

Namun, telemedicine masih punya beberapa keterbatasan. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal ABC Cardiol menyimpulkan kelemahan utama telemedicine adalah dokter tidak dapat memeriksa pasien secara langsung. Keterbatasan tersebut akan berpengaruh pada kualitas diagnosa.

Di sisi lain, pemanfaatan telemedicine untuk pembangunan sistem pelayanan kesehatan yang mapan sesuai dengan rencana pemerintah dalam penerapan e-government. Karena, tugas Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah menyediakan dukungan teknis berupa penyediaan infrastruktur, dimana salah satu prioritas pembangunan pitalebar Indonesia periode 2014-2019 adalah untuk e-kesehatan.

Narasumber:
1. [KATA PEMBUKA] Johnny G. Plate – Menteri Komunikasi dan Informasi
2. [KATA PEMBUKA] Terawan Agus Putranto – Menteri Kesehatan
3. Semuel Abrijani Pangerapan – Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika
4. Dr. Luthfi Mardiansya – Deloitte Indonesia
5. Daniar Supriyandi – Bahar Law Firm
6. Endraswari Ening Sayekti – Bahar Law Firm

Moderator:
dr. Adhiatma Gunawan – Head of Medical Good Doctor Technology Indonesia
======================================================

Mulai Sekarang #KalauBicaraPakaiData

Pantau dan Subscribe Katadata Indonesia.

Official Website : https://katadata.co.id/
Youtube : https://www.youtube.com/c/KatadataIndonesia
Instagram : https://www.instagram.com/katadatacoid
Facebook : https://www.facebook.com/katadatacoid/
Twitter : https://twitter.com/katadatacoid

======================================================


Go to Source
Author: Katadata Indonesia