Kategori
gresik gresikbaik

Selain rasanya enak, cokelat juga memiliki 4 manfaat bagi tubuh

Salah satu makanan kesukaan banyak orang ini punya beragam manfaat bagi tubuh..

Cokelat memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Suasana hati akan lebih baik apabila seseorang sering mengonsumsi cokelat. Beberapa manfaat dari cokelat adalah dapat mengurangi stres, dapat menimbulkan perasaan bahagia, baik untuk menjaga kesehatan jantung, dan dapat meningkatkan daya ingat.

Berikut ini penjelasan mengenai beragam manfaat cokelat yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Cokelat hitam diyakini dapat mengurangi stres. Hal ini karena cokelat hitam memiliki kandungan anandamin dan serotonin yang dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan membuat kerja otak menjadi lebih tenang.

2. Cokelat memiliki kandungan yang bisa menimbulkan perasaan lebih bahagia. Kandungan tersebut adalah phenethylamine. Zat tersebut mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia, seperti saat sedang jatuh cinta.

3. Mengonsumsi cokelat hitam sebanyak 6,7 gram setiap harinya dapat membantumu menjaga kesehatan jantung. Cokelat hitam tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga tidak akan membuat tekanan darah naik dan lemak menumpuk. Cokelat hitam juga mengandung zat anti oksidan yang tinggi karena mengandung flavonoid. Zat antioksidan yang terdapat dalam cokelat sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Kandungan flavonoid dalam cokelat meningkatkan fungsi kerja bagian-bagian otak, terutama hippocampus yang bertanggung jawab pada memori jangka panjang dan navigasi ruang. Oleh sebab itu, dengan kita mengkonsumsi cokelat daya ingat kita akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Cokelat memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh seseorang. Mulai dari dapat mengurangi stres, dapat menimbulkan perasaan bahagia, baik untuk menjaga kesehatan jantung, dan dapat meningkatkan daya ingat. Meskipun kaya akan manfaat, tetapi kamu harus memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam cokelat yang akan dikonsumsi. Sebab kamu perlu memperhatikan apa yang tubuhmu butuhkan dan apa yang tidak.

brilio  

Gresikbaik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *