Kategori
empon-empon gresikbaik gusfik

Ramuan Empon-empon seperti yang Dikonsumsi Jokowi Dibagikan Gratis untuk Korban Banjir

Imunitas atau daya tahan tubuh dinilai oleh pakar medis menjadi salah satu patokan bagi seseorang dalam keberhasilan menangkal virus corona (Covid-19) yang tengah mewabah saat ini. Salah satu bahan asupan yang disarankan untuk dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan cara mengonsumsi empon-empon atau rempah-rempah jawa secara rutin. Mulai dari jahe, temulawak, kunyit, kencur, sunti, hingga temu putih. Kebetulan, pada saat yang hampir bersamaan, Gresik yang mulai berubah menjadi zona merah dalam peta penyebaran positif Covid-19, air luapan Kali Lamong mulai merendam beberapa desa di Gresik bagian selatan, dengan salah satu yang kebanjiran adalah Desa Iker-iker Geger yang berada di Kecamatan Cerme.

“Donasi empon-empon ini sengaja kami bagikan untuk masyarakat desa yang kebanjiran, dalam rangka membantu meningkatkan imunitas pada saat pandemi Covid-19 seperti sekarang,” ujar Rahmad Rofiq dari komunitas gresikbaik.com kepada awak media, di Balai Desa Iker-iker Geger, Jumat (17/4/2020). Rahmad mengatakan, ramuan empon-empon yang dibagikan kepada warga terdampak banjir di Gresik tersebut berasal dari dana pribadi anggota komunitas yang dikomandoi olehnya. Tujuannya agar dapat berbagi untuk meringankan beban sesama. “Bukan tanam sendiri, tapi kami beli dari petani yang ada di Kulonprogo, Yogyakarta. Kurang-lebih ramuan empon-empon ini seperti dengan yang biasa diminum oleh Bapak Presiden Jokowi dalam meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh,” ujar dia. Tidak hanya membagikan ramuan empon-empon kepada warga terdampak banjir, komunitas gresikbaik.com juga membagikan masker dan nasi kotak kepada warga yang terdampak dengan adanya pandemi Covid-19 di Gresik. “Kami juga membagikan masker dan nasi kotak kepada driver ojek online dan warga lain yang membutuhkan. Juga sedikit uang kepada orang yang kurang mampu,” ucap dia.

Sementara itu, Kepala Desa Iker-iker Geger Kristono mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh komunitas gresikbaik.com dalam membagikan empon-empon untuk warga di desanya secara gratis. “Ini bagi kami cukup bagus untuk meningkatkan imunitas warga ( ramuan empon-empon). Mewakili warga, saya mengucapkan terima kasih atas apa yang sudah diberikan,” kata Kristono.

Kristono sendiri sempat langsung mencicipi ramuan empon-empon yang dibagikan oleh komunitas gresikbaik.com. Ia menilai, ramuan empon-empon langsung memberikan efek terhadap tubuh dengan memberikan rasa hangat bagi yang mengonsumsi. “Rasanya kayak minum jamu, tapi enak tubuh langsung menjadi hangat. Ini sesuatu yang baru, karena sebelumnya bantuan kebanyakan berupa masker dan sembako. Jadi, mudah-mudahan (bantuan empon-empon) dapat menyebar ke seluruh elemen masyarakat dalam upaya memerangi Covid-19,” tutur Kristono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ramuan Empon-empon seperti yang Dikonsumsi Jokowi Dibagikan Gratis untuk Korban Banjir”, Klik untuk baca: https://regional.kompas.com/read/2020/04/17/18234751/ramuan-empon-empon-seperti-yang-dikonsumsi-jokowi-dibagikan-gratis-untuk?page=all.
Penulis : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah
Editor : Robertus Belarminus

Gresikbaik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *