Kategori
Gresikbaik Teknologi

Pinter Banget, Google Lens Bisa Kerjakan Soal Matematika


Jakarta– Kemampuan Google Lens semakin pintar saja. Yang terbaru, aplikasi visual search ini sekarang bisa mengerjakan soal Matematika.

Berkat penambahan filter ‘Homework’, Google Lens bisa dipakai untuk memindai pertanyaan pekerjaan rumah (PR). Untuk soal Matematika, viewfinder-nya bahkan berbentuk persegi panjang sehingga cocok untuk memindai soal rumus-rumus yang biasanya memanjang ke bawah.

Seperti dikutip dari 9to5Google, cara menggunakannya sama saja dengan penggunaan Google Lens pada umumnya. Arahkan kamera Google Lens pada soal, kemudian tap tombol capture, Google Lens akan meng-highlight persamaan atau pertanyaan yang dilihatnya.

Nantinya, angka yang ditampilkan filter akan berupa jawaban disertai penjabaran proses penghitungan keseluruhan hingga menuju hasil akhir.

Filter Homework juga bisa mengenali dan menyelesaikan soal pembagian, akar dan pangkat, aritmatika dasar, hingga penghitungan linear sederhana.

Google menggandeng startup pembuat aplikasi pendidikan Socratic untuk menghadirkan fungsi filter ini. Fitur semacam ini sebelumnya sudah lebih dulu hadir di aplikasi Socratic sejak Februari lalu.

Aplikasi Socratic mengandalkan algoritma khusus Google AI untuk memecahkan soal-soal seperti Matematika, Geometri, Trigonometri, Biologi, Kimia, Fisika, Sejarah, bahkan Sastra.

Sesuai namanya, filter Homework bertujuan membantu pelajar dan mahasiswa ketika kesulitan memecahkan persamaan Matematika. Eh tapi, coba dulu kerjakan PR kalian sebisa mungkin, baru minta bantuan Google Lens ya!

Oleh: Rachmatunnisa

DTK

Gresikbaik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *