Kategori
gresik gresikbaik

Cara mengetahui watak seseorang berdasarkan weton Jawa

Dalam kalender Jawa, tanggal kelahiran seseorang mampu menggambarkan karakter..

Setiap manusia pasti memiliki watak dan kepribadian. Watak dan kepribadian antarmanusia juga berbeda-beda. Watak dapat ditentukan dari berbagai sudut pandang, seperti sudut pandang psikologi, golongan darah, dan hari lahir.

Dalam budaya Jawa, seseorang dapat diketahui watak dan kepribadiannya dari hari lahirnya. Hari lahir dalam budaya Jawa biasanya disebut dengan weton.

Weton adalah penanggalan dari kalender Jawa yang dianggap bisa menjadi tanda dan ramalan soal kehidupan seseorang. Weton terdiri dari hari atau dino dan pasaran.dalam kalender Jawa, satu pekan terdiri dari tujuh hari yang ditambahkan dengan hari pasaran Jawa. Dalam kalender Jawa terdapat hari pasaran yang terdiri dari lima hari, yakni Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon.

1. Cara penjumlahan hari lahir.

Dalam adat Jawa, terdapat cara mengetahui watak seseorang dari hasil penjumlahan hitungan hari lahir seseorang. Dan berikut rumus penjumlahan hari lahir berdasarkan weton Jawa.

– Hari atau Dino.

Sama seperti kalender masehi, dalam kalender Jawa juga memiliki 7 hari dalam seminggu dari mulai Senin hingga Minggu dengan penamaan yang sama dengan kalender masehi. Dalam kalender Jawa, terdapat nilai atau jumlah dari masing-masing hari. Nilai-nilai tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Minggu bernilai 5

2. Senin bernilai 4

3. Selasa bernilai 3

4. Rabu bernilai 7

5. Kamis bernilai 8

6. Jumat bernilai 6

7. Sabtu bernilai 9

– Pasaran.

Dalam tanggalan Jawa, terdapat pula pasaran. Biasanya pasaran tertulis di bawah nama hari. Namun, pasaran hanya terdapat lima jenis saja seperti Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage. Sama seperti hari atau dino, pasaran juga mimiliki nilai masing-masing. Nilai-nilai tersebut yaitu sebagai berikut:

1. Kliwon bernilai 8

2. Legi bernilai 5

3. Pahing bernilai 9

4. Pon bernilai 7

5. Wage bernilai 4

2. Menentukan watak dari jumlah Neptu

Neptu adalah hasil penjumlahan dari hari atau dino dengan pasangan.

Sebagai contoh, apabila seseorang lahir pada Selasa Wage maka nilai Selasa dan nilai Wage akan dijumlah 3+4=7.

Berarti orang tersebut memiliki neptu 7. Dan masing-masing neptu memiliki watak khas tersendiri. Dari hasil penjumlahan dino dan pasaran.

Neptu 7 adalah angka yang paling kecil, sementara neptu 18 adalah neptu dengan angka tertinggi. Berikut, watak seseorang berdasarkan jumlah neptu.

1. Jumlah Neptu 7.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 7, maka orang tersebut memiliki watak senang bepergian jauh untuk berlibur atau bekerja. Orang dengan jumlah neptu 7 memiliki sebutan Pendito Kang Lelaku.

2. Jumlah Neptu 8.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 8 orang tersebut suka memendam sesuatu. Seorang dengan neptu 8 bagaikan bara api yang awalnya kecil namun kelak bisa membakar manusia lainnya, dengan seperti itu orang dengan neptu 8 memiliki sebutan Lakune Geni.

3. Jumlah Neptu 9.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 9 maka dirinya memiliki karakter yang mudah dipengaruhi oleh orang lain dan tidak memiliki pendirian hidup yang tetap. Hal tersebut membuat orang berneptu 9 mendapatkan julukan Lakune Angin.

4. Jumlah Neptu 10.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 10 maka ia memiliki watak suka menasehati namun tidak mau menerima saran dari orang lain. Orang dengan jumlah neptu 10 memiliki julukan Pendito Mbangun Teki.

5. Jumlah Neptu 11.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 11 maka ia memiliki watak yang tidak dapat dijadikan pemimpin karena plin plan tidak memiliki pendirian dan tidak memiliki jiwa kepemimpinan. Orang dengan neptu 11 dijuluki dengan Lakune Setan.

6. Jumlah Neptu 12.

Watak seseorang dengan neptu 12 adalah suka mengalah dan suka menebarkan kedamaian kepada orang lain sehingga ia dijuluki Lakune Kembang.

7. Jumlah Neptu 13.

Orang dengan neptu 13 memiliki pesona yang luar biasa namun tidak dapat dijadikan pemimpin. Kharisma yang ia miliki tidak sepadan dengan rendahnya kemampuan memimpinnya. Orang yang memiliki hari lahir dengan jumlah neptu 13 dijuluki dengan Lakune Lintang.

8. Jumlah Neptu 14.

Watak orang berneptu 14 adalah dapat menjadi pencerah bagi orang banyak. Dialah tempat mencari solusi saat beragam masalah tiba sehingga ia dijuluki dengan watak Lakune Mbulan.

9. Jumlah Neptu 15.

Jika seseorang memiliki jumlah neptu 15 maka ia memiliki watak yang mudah marah dan mudah dendam pada orang lain sehingga wataknya dijuluki Lakune Geni.

10. Jumlah Neptu 16.

Orang dengan hari lahir berjumlah neptu 16 memiliki watak yang mudah diatur dan suka mengayomi. Ia memiliki karakter yang sangat baik untuk dijadikan pemimpin sehingga wataknya dijuluki Lakune Bumi.

11. Jumlah Neptu 17.

Watak orang dengan jumlah neptu 17 memiliki sifat mudah diatur jika bisa meraih hatinya. Menghadapi manusia seperti ini harus hati-hati karena moody sehingga dijuluki dengan watak Lakune Gunung.

12. Jumlah Neptu 18.

Jumlah neptu 18 adalah jumlah neptu tertinggi. Seseorang yang memiliki jumlah neptu 18 memiliki watak yang mendominasi pada kekuasaan dengan segala permintaannya harus dipenuhi bahkan dengan berbagai cara. Watak seperti ini dijuluki dengan Lakune Paripurna.

3. Menentukan watak dari nama pasaran.

1. Pasaran Legi.

Memiliki karakter priyayi dan kaum bangsawan yang berwibawa dan menyukai kemewahan.

2. Pasaran Pahing.

Sifat yang melekat pada orang yang lahir pada pasaran Pahing adalah tega memakan dan mengkhianati teman sendiri.

3. Pasaran Pon.

Sifat yang tampak pada orang yang lahir pada pasaran Pon adalah bijaksana dan suka menasihati orang lain.

4. Pasaran Wage.

Orang dengan pasaran Wage mudah dan suka berkata manis tapi belum tentu ditepati.

5. Pasaran Kliwon.

Watak dari orang dengan pasaran Kliwon adalah mandiri dan tega.

brilio

Gresikbaik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *