Kategori
gresik gresikbaik

5 Tips bagi mahasiswa yang baru memasuki masa kuliah

Mahasiswa baru perlu mendengar beberapa tips yang dapat digunakan untuk menghadapi dunia perkuliahan..

Setelah perjuangan yang begitu berat bagi para lulusan SMA untuk masuk ke perguruan tinggi, dunia perkuliahan akan menyambut dengan tangan terbuka. Dunia kuliah memiliki banyak hal yang sangat berbeda dengan masa SMA. Mental oran-orang yang hidup dan menikmati masa SMA-nya akan merasakan perubahan dan suasana yang berbeda saat kuliah, terutama bagi seorang mahasiswa baru.

Mahasiswa baru perlu mendengar beberapa saran yang dapat digunakan untuk menghadapi dunia perkuliahan. Berikut ini adalah lima tips yang patut diperhatikan oleh mahasiswa baru.

1. Kenali teman angkatanmu.

Sebagai mahasiswa baru, terutama yang tidak memiliki sama sekali teman dari SMA, carilah dan berkenalanlah dengan angkatanmu. Jangan pernah ragu untuk mengikuti ajakan berkumpul, makan bersama, atau bercerita. Hal ini sebagai suatu kunci agar kehidupan kuliah perdana bisa dikatakan begitu nyaman. Teman angkatan pasti akan memberikan informasi, baik rumor sampai fakta yang beredar dan membantu dalam kehidupan kuliah di baik di dalam ataupun di luar akademik.

2. Waspadalah terhadap senior.

Senioritas tidak dapat dicegah dalam dunia perkuliahan, terutama orang-orang yang kuliah di perguruan tinggi negeri. Sebagai mahasiswa baru, pasti akan ada senior yang mengajak berbicara dan mengajak masuk organisasi atau apa pun itu. Perlu diketahui, ada senior yang memang sangat baik, ada senior yang pura-pura baik dengan maksud lain, dan ada pula senior yang memang kelihatan sangar dan banyak gaya di depan mahasiswa baru.

3. Pilihlah organisasi yang sesuai dengan minat.

Organisasi dalam perkuliahan sangat penting. Bila perkuliahan adalah semen, maka organisasi adalah pasir yang menguatkan suatu campuran. Carilah informasi organisasi yang bukan hanya sesuai dengan bakatmu, namun carilah rumor yang beredar seperti bagaimana senioritas dan penyambutan dalam organisasi tersebut demi keamanan bersama.

4. Kenali jurusan yang ditempati.

Mengenali jurusan bukan hanya mengenal tentang bagaimana prospeknya. Bila jurusanmu berkaitan dengan uang dan hukum, kamu harus siap untuk membatasi pergaulan yang berkaitan dengan hedonisme. Bila jurusanmu berkaitan dengan laboratorium, kamu harus siap dengan tekanan mental yang terjadi dalam laboratorium terutama ketika menghadapi asisten laboratorium.

5. Dosen paling utama dibanding senior.

Dosen merupakan penentu masa depanmu di dunia perkuliahan. Banyak mahasiswa baru yang cenderung takut dengan seniornya dibandingkan dosennya sendiri. Dosen yang memberikan dan menghilang nilai, bukan senior. Bila senior marah mereka hanya menggertak, namun bila dosen marah, masa depan kuliahmu bisa jadi terancam.

brilio

Gresikbaik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *